Tuesday, August 6, 2013

PERSIAPAN JALAN JALAN KE JEPANG

JAPAN GATEAWAY 2013

Perjalanan ini kami rencanakan tiba-tiba karena saya dan ameria pada saat itu in-between-jobs aka pengangguran hahaha...kami berdua berhenti dari pekerjaan kami dan belum menemukan pekerjaan baru. Pada saat itu bulan oktober 2012 (kalau tidak salah...) kami memutuskan ingin liburan bersama ke jepang 2 minggu tanpa ikut tour. Kami tawarkan ide kami ke teman kami yang lain dan disambut dengan  cepat oleh mereka jadilah kami berempat pergi berangkat ke jepang.
Saya merasa excited karena jepang merupakan negara maju dengan budaya yang berbeda dengan indonesia dan mempunyai bahasa yang berbeda pula. Dulu saya dan ameria pernah pergi ke jepang sama keluarga masing-masing, cuman itu juga sudah 8 tahun yg lalu dan seingat saya, jarang sekali ada orang jepang bisa ngomong bahasa english. Karena khawatir dengan kendala bahasa dan tulisan, perjalanan kali ini kami planingkan sebelum hari h keberangkatan ke jepang. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk jalan sendiri ke jepang?

Plan trip to japan:
1. BELI TIKET PESAWAT PULANG-PERGI
untuk tiket ini kita pergi dan pulang naik pesawat berbeda. Pergi naik Garuda Indonesia, pulang naik Air Asia. Kenapa? karena kita pergi dari Surabaya-Bali-Tokyo, pulang Osaka-Surabaya. Untuk menghemat waktu dan ongkos kita tidak mau balik ke Tokyo dan kalau beli tiket pp Garuda Indonesia pergi ke Tokyo pulang dari Osaka harganya mahal sekali.

2. KOTA YANG AKAN DIKUNJUNGI
Saya dan teman-teman sudah memilah-milih... kira2 jalurnya seperti ini:
TOKYO-HAKONE-TAKAYAMA/NAGOYA-KYOTO-OSAKA.
Kita bingung antara memilih Nagoya atau Takayama..hmm...Nagoya kota modern dan besar juga seperti Tokyo dan Osaka...Takayama lebih old city, seperti pedesaaan, gaya kota lama, tempat yang berbeda dibandingkan Tokyo, Osaka dan Nagoya. Setelah berunding kita memutuskan ke Takayama (tidak menyesali keputusan ini, malah seharusnya agak lebih lama tinggal di sini..)

3. JADWAL ACARA
Karena pada saat pengajuan visa harus melampirkan tiket pesawat, hotel dan sususan acara, mau tidak mau ini juga harus direncanakan jauh-jauh hari. Jadwal acara ini penting untuk dibuat walaupun pada akhirnya tidak 100% terlaksana hahaha...tp hal ini sangat membantu. Contoh :
(maaf perjalanan saya tidak ada copynya, saya lupa foto jadi tidak bisa saya lampirkan di sini) :
day 1: tanggal 28/3/13 Tokyo acara: Meiji shrine, Takeshita dori, Shibuya Hotel: Tokyo Plaza Hotel (disertai dengan alamat)
day 2: tanggal 29/3/13 Tokyo acara: Disneysea Hotel: Tokyo Plaza Hotel
day 3: ...

Form perjalanan bisa didownload: http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html
pada saat pengajuaan visa form ini harus dilampirkan dengan copy tiket pesawat dan copy bookingan hotel. Yang asli hanya ditunjukan saat diminta. Jadwal acara diisi point2 pentingnya aja dan tidak juga harus mendetail. Sebenarna saya buat 2, Satu buat pengajuan visa dan satunya lagi buat perjalanan saya yang lebih detail. Jadwal acara penting buat pengajuan visa, sesuaikan acara atau tempat yang dituju dengan budget uang. Karena akan ditanya akan membawa uang berapa dan pada saat pengajuan visa saya juga harus menyertai dengan fotocopy buku tabungan 3 bulan terakhir (untuk ke jepang tidak perlu dilegalisir, tp kalau mau dilegalisir agar lebih aman ya monggo disertakan tp kalau bca harus bayar 50 ribu kira2) Jadi kalau mau buat jadwal acara yang dilampirkan untuk pembuatan visa diusahakan simple aja.

4. BOOKING HOTEL
Setelah rencana selesai dibuat, hasilnya akan mengetahui berapa lama tinggal di suatu kota. Saatnya kita memesan hotel. Untuk hotel kami gunakan dua website: www.agoda.com dan www.hotels.com (bisa bandingkan harga dan promonya).
Keuntungannya pergi berempat ke jepang...hotel di jepang kebanyakan dihitung berdasarkan per kepala. Jadi ada beberapa malam kami berempat tidur sekamar...jadinya menghemat uang kami =D
Saran saya memesan hotel : pesanlah hotel yang tidak jauh dari stasiun kereta (japan rail station) dan check dulu review hotelnya apakah ada liftnya dan bagaimana locationnya.

5. Tentunya persiapan buat VISA
Visa jepang sangat cepat pengurusannya (menurut saya) selama document2nya lengkap dan teratur. Dalam kurang lebih 5 hari pengurusan saya sdh mendapatkan visa jepang saya. Karena ini pertama kalinya saya urus visa sendiri di Indonesia saya apply jauh-jauh hari kira2 satu bulan atau 2 bulan sebelumnya ya kalau tidak salah (maaf short memory hahaha..)
Untuk syarat-syaratnya bisa check di: http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html
Uniknya visa jepang ini...mereka mempunyai kedutaan di 5 kota. Saya dan friends bukan berasal dari kota yang sama. Kami berempat berasal dari Banjarmasin, Semarang, Surabaya dan Bali. Untuk pengurusan visa kami tidak bisa dijadikan satu. Karena tempat pengurusan visa berdasarkan domisili ktp. Saya dari Banjarmasin dan Sylv1a dari Surabaya harus mengurus visa di keduataan Jepang di Surabaya, Sedangkan Ameria di Semarang harus mengurusnya di Jakarta, dan Silvia dari Bali ya mengurusnya juga harus di Bali. Tidak bisa dijadikan satu!  Saya juga sempat tanya travel apa bisa diuruskan jadi satu, mereka juga bilang pada akhirnya akan dikirim ke kedutaan masing2 tempat sesuai ktp karena itu peraturannya. Walaupun berbeda2 tempat asal document dan rencana jelas visa akan sangat mudah untuk didapat. Teman-teman saya semuanya juga dapat visa cepat, tidak perlu menunggu berminggu-minggu.

6. Persiapan detik-detik terakhir menjelang keberangkat adalah RENCANA TRANSPORTASI
Rencana transportasi ini akan membantu juga menghitung kira2 berapa banyak uang yang perlu disediakan untuk transport. Website ini sangat membantu untuk mengecheck kira2 bagaimana dari tempat satu ke tempat yang lain dan kira2 harganya transportnya brp.
Check this out: http://www.hyperdia.com/en/
Jujur saja rencana ini yang paling ribet untuk dipersiapkan dan dilaksanakan. Karena jalur kereta di jepang sangat banyak dan ada beberapa macam perusahaan kereta. Tp dengan adanya rencana ini, akan menghemat waktu juga. Sesampai di sana walaupun sudah punya rencana ketika melihat gambar jalur kereta di jepang yang asli...kepala mumet - -" Thanks to our friend sylv1a yang telah mempersiapkan jalur transport selama di tokyo dengan detail <3

Tips bagi yang ingin pergi sendiri tanpa ikut tour: Walaupun sudah direncanakan dengan sematang-matangnya tetap saja tidak bisa berjalan 100%...50% berjalan aja sudah bagus. Tp paling tidak ini dengan adanya plan akan membantu dalam perjalanann nanti dan lebih menghemat waktu. Jangan lupa untuk menge-print peta dan alamat hotel dan juga tempat pariwisata. Karena kalau sesat di jalan masih bisa bertanya, tidak bisa ngomong masih bisa tunjukin kertas donks =) Orang jepang baik dan mau membantu kalau kita bertanya. Begitu juga di statiun kereta..kalau bingung tanya aja sama penjaga kasir dengan bilang tujuan kemana...mereka akan membantu. Happy Traveling! Cheers!

1. Mantap sharingnya, jadi gak sabar ingin ke Jepang sendiri. Oiya sekalian share kalau ada kontes berhadiah Tour ke Jepang gratis dari HIS. Kunjungi balik blog-ku untuk detailnya ya ^_^
    chalwoo

2. Mau tanya, kalau kita mengajukan visa pada saat in between-jobs apakah menjadi masalah? Dan kira-kira bagaimana mengisi di formulir aplikasi visa.

thank you

3. Mau tanya, kalau kita mengajukan visa pada saat in between-jobs apakah menjadi masalah? Dan kira-kira bagaimana mengisi di formulir aplikasi visa.